PELAKSANAAN INSECT COURSE 2023

PELAKSANAAN INSECT COURSE 2023

Kegiatan insect course adalah kegiatan yang dilaksanakan dengan tujuan memberikan pengalaman dan pengetahuan mengenai Serangga. Insect Course 2023 dilaksanakan pada tanggal 16-17 Desember 2023 di  lokasi wisata Palak Siring, Kemumu, Bengkulu Utara. Kegiatan ini didukung oleh jurusan Perlindungan Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Peserta dari Insect course adalah mahasiswa Jurusan Perlindungan Tanaman angkatan 2022 dan 2023 yang berjumlah 71 orang.

Hari pertama kegiatan dimulai dengan keberangkatan dan peserta tiba di lokasi pada pukul 10.00 WIB. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemasangan pitfall trap pada lokasi wisata Palak Siring. Pitfal trap adalah jebakan yang ada di tanah yang bertujuan mengumpulkan serangga yang berjalan diatas permukaan tanah.

Setelah makan siang hari pertama, acara pemberian materi diisi oleh bapak Hendri Bustamam dan bapak Dwinardi Apriyanto.  Acara materi selesai pada pukul 16.00 dan dilanjutkan dengan praktek pin  serangga. Setelah acara pin serangga, peserta dipersilahkan istirahat dan mulai kembali dengan pemasangan light trap pukul 21.00. 

 

Light trap merupakan alat yang bertujuan mengumpulkan serangga yang tertarik pada cahaya. Light trap dipasang di tempat yang minim cahaya selama 1 jam. Sela waktu 1 jam menunggu serangga tertarik cahaya dari light trap, acara diisi dengan permainan cerdas cermat mengenai OPT (baik serangga maupun patogen tanaman). Cerdas cermat mengenai OPT selesai pukul 22.00 WIB dan kegiatan light trap dilanjutkan. Dari kegiatan lighttrap, mahasiswa memperoleh serangga yang beraktifitas pada malam hari. Setelah kegiatan lighttrap, peserta dipersilahkan beristirahat.

(sungai)

(Hutan)

BENGKULU, 18/12/2023 Hari kedua diawali dengan solat subuh berjamaah dan renungan subuh yang diisi oleh bapak Agustin Zarkani. Kegiatan selanjutnya adalah senam pagi bersama dan bongkar tenda sampai dengan pukul 08.00 WIB, selanjutnya kegiatan dalam acara ini adalah eksplorasi serangga dan tumbuhan yang ada di wilayah KHDTK(Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus). Sebagai informasi, kawasan hutan dengan tujuan khusus kemumu merupakan milik Universitas Bengkulu. Wilayah hutan tersebut adalah wilayah hutan yang bertujuan untuk melestarikan flora dan fauna. Setelah eksplorasi KHDTK, acara insect course ditutup oleh bapak Agustin Zarkani, bapak Ariffatchur Fauzi, dan ibu Mimi Sutrawati. 

                Terimakasih kami ucapkan kepada BRIMOB kota Bengkulu, Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu, Bapak Gunggung Senoaji dan bapak Sugeng selaku pengelola KHDTK, Lurah Kemumu, Kelompok sadar wisata (POKDARWIS) Palak Siring, dan panitia Insect Course yang telah membantu terlaksananya kegiatan Insect Course

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *